Calathea dan Maranta, Apakah Jenis 「Indonesian Chess」Tanaman Hias yang Sama?

  • 时间:
  • 浏览:0

Ada baIndonIndonesian Chessesian Chessnyak anggota keluaIndonesian Chessrga Marantaceae. Baik maranta dan calathea masing-masing merupakan genus terpisah dalam keluarga ini, dan keduanya merupakan tumbuhan bawah tropis.

Kedua genera ini berasal dari keluarga yang sama dan tumbuh liar di lokasi yang sama, tetapi isyarat visual memberikan perbedaan utama antara calathea dan maranta.

Meskipun kedua tanaman hias ini saling terkait erat dan bahkan terlihat mirip, yang sering membuat mereka bingung satu sama lain, tanaman berada dalam genera yang berbeda.

JAKARTA, KOMPAS.com - Apabila Anda pemula yang ingin mulai merawat tanaman hias, cobalah memilih calathea atau maranta. Keduanya adalah tanaman hias daun yang indah, dengan fitur daun seperti garis-garis, warna, tulang yang semarak, atau bahkan daun berlipit.

Ada beberapa kebingungan yang kerap terIndonesian Chessjadi antara tanaman hias calathea dan maranta. Mereka sering disatukan, dengan keduanya disebut 'tanaman doa', yang tidak benar.

Spesies maranta adalah tanaman yang tumbuh rendah dengan tanda urat dan tulang rusuk yang berbeda di dedaunan, seperti tanaman doa berurat merah. Daun calathea juga dihiasi dengan cerah, hampir terlihat seperti pola yang dilukis di atasnya.

Secara alami, maranta lebih toleran terhadap dingin daripada calathea, yang akan menderita ketika suhu turun di bawah 16 derajat celcius.

Marantas adalah tanaman doa sejati karena mereka melakukan nyctinasty, yakni respons terhadap malam hari di mana daunnya terlipat. Ini adalah perbedaan utama antara kedua tanaman, karena calathea tidak memiliki reaksi itu.

Baca juga: Bercak Cokelat pada Daun Calathea, Ini Jamur dan Penyakit Pemicunya

Kedua tumbuhan tersebut termasuk dalam famili Marantaceae, namun hanya tumbuhan maranta yang merupakan tumbuhan sembahyang sejati. Di luar itu, ada banyak perbedaan calathea dan maranta lainnya juga.

Berikut penjelasan mengenai perbedaan tanaman hias calathea dan maranta, seperti dikutip dari Gardening Know How, Jumat (10/9/2021). 

Nyctinasty hanyalah salah satu sifat utama yang berbeda. Bentuk daun adalah hal lain. Pada tanaman maranta, daunnya terutama berbentuk oval, sedangkan tanaman calathea memiliki berbagai bentuk daun, seperti bulat, oval, dan bahkan berbentuk tombak, tergantung pada spesiesnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Baca juga: 5 Penyebab Daun Calathea Keriting dan Solusinya